CARA MENGIRIM LAMARAN KERJA LEWAT EMAIL

Bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat email? Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak perusahaan yang melakukan rekrutmen karyawan dengan membuka lowongan kerja online. Hal ini terjadi karena proses tersebut dirasa sangat mudah, murah, dan cepat. Namun, sayangnya, masih banyak para pencari kerja yang tidak memahami betul langkah-langkah cara mengirim lamaran kerja lewat email.

Miris memang. Namun, seperti itulah kenyataan yang terjadi saat ini. Kurangnya pengetahuan tentang cara mengirim lamaran kerja lewat email membuat banyak pencari kerja kesulitan untuk melakukannya. Hal ini lantas berimbas kepada tertutupnya peluang bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Tentu sangat disayangkan jika ada kesempatan kerja yang ditawarkan oleh perusahaan idaman harus pupus begitu saja hanya dikarenakan kita tidak bisa mengikuti syarat pengiriman surat lamaran kerja ke perusahaan mereka.

Untuk itu, melalui artikel ini, kami akan membagi pengetahuan kepada Anda para pencari kerja yang masih kesulitan untuk mengirimkan surat lamaran kerja via email. Mudah-mudahan, dengan adanya artikel ini, teman-teman bisa mempelajari prosesnya dengan baik sehingga pengalaman buruk gagal mendapatkan kerja karena permasalahan tata cara pengiriman lamaran kerja yang salah bisa sedikit diminimalkan. Bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja lewat email itu? Apa saja yang harus dipersiapkan calon pelamar? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

CARA MENGIRIM LAMARAN KERJA LEWAT EMAIL

Untuk mengirim surat lamaran kerja via email tidaklah sulit. Namun, bagi Anda yang masih kesulitan dan belum mengetahui caranya, berikut ini kami akan sampaikan persiapan yang harus dilakukan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja via email ke perusahaan idaman. Di sini, kami juga akan menyajikan berkas atau dokumen penting apa saja yang harus disertakan dalam surat lamaran kerja via email.

Perisapan Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Hal yang pertama harus Anda lakukan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja melalui email adalah menyiapkan surat lamaran kerja dan berkas atau dokumen penting lain yang Anda miliki. Beberapa dokumen penting di sini, di antaranya:

  1. Curriculum Vitae (daftar Riwayat Hidup)
  2. Fotocopy Kartu Identitas Anda (KTP)
  3. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai Anda
  4. Surat Referensi Kerja/ Pengalaman Kerja –Faklaring (Jika Ada)
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Surat Sehat dari Dokter
  7. Surat Bebas Narkoba
  8. Kartu Kuning Kemenakertrans (AK-1)
  9. Berkas pendukung lain seperti Sertifikat Kursus, Piagam, dan dokumen penting yang dirasa sesuai dengan posisi yang tersedia di perusahaan.

Setelah semua surat lamaran dan berkas di atas terkumpul, Anda harus scan semuanya, karena cara mengirim lamaran kerja lewat email tidak memungkinkan Anda untuk mengirimkan semua dokumen tadi dalam bentuk fisik. Semua yang Anda kirimkan harus berbentuk softcopy. Ukurannya pun harus Anda buat tidak terlalu besar, karena sebagian perusahaan biasanya membatasi ukuran file lamaran sampai dengan 250kb-500kb.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Persiapan lain yang Anda perlukan adalah akun email. Jika Anda belum mempunyai akun email, silakan buat terlebih dahulu melalui layanan email gratis yang disediakan oleh Google Mail (Gmail) atau Yahoo Mail (yahoo, rocketmail, ymail), dan lainnya.

Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Setelah semua berkas lamaran yang Anda perlukan sudah diubah kebentuk softcopy dengan cara discan, selanjutnya Anda tinggal mengirimkan surat lamaran tersebut melalui akun email yang Anda miliki. Silakan login ke dalam akun email Anda, lalu buat email baru dan sertakan semua softcopy tadi dalam berkas lampiran atau attachment. Namun, sebelum mengirimkan lamaran kerja tadi ke perusahaan yang dituju, sebaiknya Anda test dulu dengan mengirimkannya ke email Anda. Jika berhasil, Anda bisa langsung mengirimkan surat lamaran kerja Anda ke alamat email perusahaan yang dituju.

Alamat email perusahaan yang dituju harus sesuai dengan alamat yang tertera dalam iklan lowongan kerja yang Anda lihat. Pastikan juga penulisan alamat emailnyanya sudah benar dan sesuai. Jika sudah, lakukan hal yang sama seperti saat Anda melakukan test mengirim surat lamaran ke email Anda. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu panggilan dari perusahaan yang Anda kirimi lamaran kerja.

Itulah sedikit ulasan tentang cara mengirim lamaran kerja lewat email yang bisa kami sampaikan. Silakan pahami tata caranya dengan baik, lakukan tes berulang sampai Anda yakin sudah menguasai caranya dengan benar. Jika sudah yakin, maka Anda sudah bisa memulai mengirimkan lamaran kerja lewat email ke berbagai perusahaan yang ingin Anda masuki. Selamat mencoba dan semoga sukses.

CARA MENGIRIM LAMARAN KERJA LEWAT EMAIL | admin | 4.5